RENUNGAN NATAL 2012-YESUS ADALAH IMANUEL

Senin, 24 Desember 2012 0 comments
Renungan Natal 2012

 
Bacaan Alkitab pada Renungan menyambut Natal 2012 : Matius 1 : 18-25.
Renungan Natal tahun 2012 ini mengangkat tema "Yesus adalah Imanuel". Besok 25 Desember 2012, kita bersama dengan semua saudara kita seiman memperingati peristiwa Kelahiran Tuhan kita Yesus Kristus. Istilah "memperingati" berbeda dengan "mengingat". Mengingat berarti kita melayangkan kenangan kita ke sesuatu yang terjadi di masa lalu. Sedangkan memperingati berarti kita menghadirkan peristiwa masa lalu pada masa kini. Demikian halnya dengan memperingati Kelahiran Yesus Kristus. Merayakan NATAL bukan sekedar mengenang suatu peristiwa yang pernah terjadi di masa lalu, melainkan kita menghadirkan arti NATAL bagi kehidupan kita di masa kini. Yang menjadi pertanyaan bagi kita adalah : "apa arti kelahiran Yesus Kristus bagi kita?"

Yesus yang lahir adalah IMANUEL yang berarti ALLAH beserta Kita. Imanuel adalah sebuah nama yang mengandung makna yang dalam sekaligus menjelaskan makna kelahiran Yesus Kristus. Setidaknya ada 3 (tiga) makna yang terkandung dalam nama itu.

Pertama; dengan kelahiran Yesus Kristus berarti Allah telah datang ke dalam dunia dan telah ada dalam dunia ini. Untuk bertemu dengan Allah manusia tidak perlu ke luar dari dunia dan mengembara mencari Allah, artinya manusia manusia tidak perlu keluar dari kehidupan yang sedang dijalaninya melainkan Allah sudah ada, sudah datang,sudah masuk dan beserta dengan kita manusia. Yang perlu bagi manusia untuk bertemu dengan Allah adalah menerima Dia yang telah datang ke dunia ini.

Kedua; dengan kelahiran Imanuel berarti jurang pemisah antara Allah dan manusia terjembatani. Yang menciptakan jurang pemisah itu adalah manusia sendiri. Ketika manusia berdosa maka terbentuklah jurang pemisah tersebut, dengan demikian manusia terpisah dari Tuhan Allah dan hal itu membawa kebinasaan bagi manusia. Tetapi dengan kelahiran Yesus Kristus jurang pemisah itu kini terjembatani.

Ketiga; dengan kelahiran Imanuel berarti Allah beserta kita. Allah beserta kita dimanapun dan dalam keadaan apapun. Allah tidak terikat pada satu tempat tertentu dan pada orang-orang tertentu. Di pihak lain, ini berarti bahwa Tuhan senantiasa mengawasi kehidupan anak-anakNya yang percaya kepadaNya.

Itulah makna Natal bagi kita yang memberi makna baru bagi kita dalam menjalani hidup kita di dunia ini. Allah dekat dengan kita, Allah memberi pengampunan dan damai sejahtera dalam hidup kita. Oleh karena itu bagi saudara-saudara sekalian atau siapa saja yang belum menerima Yesus Kristus di dalam kehidupannya, mari terima Yesus sekarang... Anda terlalu amat rugi jika tidak menerima Yesus Kristus dalam hidup anda sebab dalam Yohanes 3:16 dengan jelas dikatakan : 

"Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga IA telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal" 

Jadi, Natal - Kelahiran Yesus Kristus, yang adalah Anugerah Allah bagi manusia, membawa sukacita bagi kita yang percaya kepadaNYA... Imanuel ! Selamat Merayakan NATAL !
share this with your Friends.

0 comments:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Renungan Harian Kristen | TNB