Walk in their shoes...

Selasa, 14 Juni 2011 0 comments
Beberapa bulan yang lalu, saya bertemu dengan seorang pemuda dan pacarnya di gereja. Mereka memiliki banyak tato dan tindikan dari siapa pun yang pernah kulihat. Pria itu tato dari lengannya ke leher, bahkan di wajahnya, dan wanita muda pacarnya itu memiliki kira-kira seratus tindikan yang berbeda. Sejujurnya, pada awalnya, pikiran kritisku mencoba untuk bangkit dari dalam hatiku. Saya memiliki pemikiran seperti begini: "Mengapa mereka terlihat seperti itu?" dan "Ahhh, pasti mereka  memiliki banyak masalah, banyak masalah." Tapi saya cepat-cepat membuang pikiran itu dan saya mencoba melihat dari sisi lain. Ketika saya lakukan, saya memiliki perspektif yang berbeda. Aku senang bahwa mereka merasa nyaman datang ke gereja. Aku senang bahwa mereka mengambil waktu untuk menghormati Tuhan. Setelah berbincang dengan mereka beberapa saat, saya menemukan bahwa mereka tidak seperti yang saya pikirkan. Mereka adalah orang baik,meskipun di luar, ada seribu alasan untuk menghakimi dan kritis terhadap penampilan mereka.
Saya telah menemukan bahwa orang-orang pada saat ini begitu cepat untuk menghakimi orang lain dengan penampilan luar mereka dan cepat untuk mencari-cari kesalahan orang tersebut. Jika seseorang tidak seperti apa yang  mereka pikirkan, jika mereka hanya sedikit berbeda, bukannya memberi mereka keuntungan dari keraguan, mereka melihat ke atas dan ke bawah dan mulai untuk berpikir pikiran seperti "Yah, aku tidak akan pernah berpakaian seperti itu. " "Saya tidak akan pernah mengendarai mobil itu." "Jika saya mereka, saya tidak akan mengirim anak saya ke sekolah itu." "Jika saya mereka, saya tidak akan memakai perhiasan yang banyak." Tapi ada satu hal, Anda bukan mereka. Anda tidak benar-benar tahu apa yang akan Anda lakukan karena Anda belum berada pada posisi mereka. Jangan menilai orang lain karena Anda tidak tahu apa yang mereka telah alami. Anda tidak tahu kehidupan yang mereka telah jalani dan hambatan yang dihadapi mereka. Mereka mungkin punya seribu tato yang meliputi tubuh mereka atau memakai perhiasan dari kepala sampai kaki, mereka mungkin tidak berpakaian seperti yang Anda inginkan mereka pakai, tetapi itu semua tidak memberi Anda hak untuk menilai bahkan menghakimi mereka. Anda belum pernah berada dalam situasi mereka.

Bila Anda tergoda untuk bersikap kritis dan menemukan kesalahan pada orang lain, ingatlah bahwa anda juga akan dikritisi oleh orang lain.  Aku tidak tahu tentang Anda, tapi aku tidak akan ke sisi itu. Aku akan tinggal di sisi Allah. Aku akan percaya yang terbaik pada orang lain. Mungkin ada seribu hal yang saya dapat melihat bahwa ada yang salah dengan mereka, tapi aku akan melihat dan melihat sampai aku menemukan setidaknya satu hal yang benar. Aku sudah diampuni banyak, jadi aku akan hidup dengan banyak kasih. Dan jika aku sesat, aku tidak akan berbuat salah di sisi penghakiman. Aku akan berbuat salah di sisi belas kasihan. lagi pula, kita semua telah di ampuni oleh ALLAH.

Bagaimana orang menghabiskan uang mereka, di mana mereka pergi berlibur, bagaimana mereka membesarkan anak-anak mereka, atau apa jenis mobil mereka, saya telah belajar bahwa bukan urusan saya. Aku tidak tahu tentang Anda, tapi saya menghabiskan waktu cukup lama mencoba untuk menjalani kehidupan saya sendiri tanpa mencoba untuk memikirkan kehidupan orang lain!
Salah satu cara terbaik untuk menjaga hati yang murni bebas dari penghakiman adalah belajar untuk mengurus urusan kita sendiri. Jika seseorang mengambil empat liburan setahun, itu bukan urusanku. Jika mereka berkeliling kota dalam limusin atau datang ke gereja dalam sebuah perahu, itu bukan urusanku. Jika mereka memakai cincin di setiap jari tangan dan kaki, itu bukan urusanku.

Berhati-hatilah untuk tidak jatuh dalam perangkap "menghakimi orang lain". Ini akan merampok Anda dari sukacita dan damai dan memungkinkan iblis untuk memiliki pijakan dalam hidup Anda. Yesus mengatakannya seperti ini, "Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui?
Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudaramu: Biarlah aku mengeluarkan selumbar itu dari matamu, padahal ada balok di dalam matamu. Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu
."
" (Matius 7:3-5).

Pilih untuk hidup bebas dari sikap/pikiran "menghakimi" dalam hidup Anda. Jika Anda melakukannya, Anda tidak hanya akan hidup dengan damai saja, tetapi Tuhan akan memberkati Anda, dan hubungan Anda akan diberkati karena Alkitab mengatakan bahwa dalam ukuran yang sama kita menilai, kita juga akan dihakimi.
Saya telah belajar untuk tidak memberikan penilaian (negatif) pada orang lain. Ada banyak hal lain yang terlalu banyak dalam hidup yang memerlukan fokus kita, dan aku tidak tahu tentang Anda, tapi aku harus menggunakan semua fokus saya pada apa yang telah menjadi panggilan hidup saya sesuai yang telah Allah rencanakan bagi saya untuk melakukannya.
share this with your Friends.

0 comments:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Renungan Harian Kristen | TNB