Renungan Natal - Teladan Maria

Senin, 23 Desember 2013 0 comments
Renungan Natal - Teladan Maria

Jika Renungan Natal tahun 2012 membahas bayi Natal - Yesus sang Imanuel, maka Renungan Natal 2013 ini akan menitikberatkan soroton kita pada Maria, ibu dari Yesus Kristus sang bayi natal. Bagaimana sikap dan respons dari Maria terhadap firman Allah yang datang padanya melalui malaikat. Juga tentunya bagaimana kita dapat meneladani sikap dan respons dari Maria di dalam kehidupan beriman kita.

Maria, ibu Kristus , adalah seorang perawan, tunangan Yusuf yang tinggal di Nazareth . Seorang malaikat menampakkan diri kepadanya dan berkata , "Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau. Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus." [Lukas 1:28-30]

"Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?" kata Maria kepada malaikat itu [Lukas 1:34]. Adalah hal yang wajar ketika pertanyaan itu terlontar secara spontan dari Maria, Maria tentu saja bertanya - secara logika yang berkaitan dengan dunia fisik. Dia tidak menikah dan tidak pernah berhubungan dengan seorang pria bagaimana mungkin dapat mengandung?. Lalu jawab malaikat itu padanya : "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah." [Lukas 1:35].

Sekarang , ketika Tuhan mengatakan janji yang luar biasa ini padanya, kita mungkin membayangkan pikiran-pikiran negatif dan keraguan yang akan berkecamuk dalam pikiran Maria. Pikiran-pikiran yang mengatakan , "mana mungkin bisa memiliki anak tanpa seorang pria . Itu tidak mungkin. Itu menentang hukum alam." Jika dia hanya melihat hal-hal secara logika, dan tidak mempercayai janji Allah yang ia dengar melalui malaikatNya mungkin ia akan berbicara seperti itu. Tapi Maria tidak menganggap keadaan dia, dia lebih mempercayai Tuhan -nya daripada akal pikirannya.

Saya menyukai respon Maria, cara dia menjawab kembali ke malaikat. Dia tidak mengatakan, " Itu terdengar tidak masuk akal. Aku tidak melihat bagaimana hal itu bisa terjadi." Tidak, dia berani. Dia mengatakan kepada malaikat itu: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu." Dengan kata lain, "Biarlah hal itu terjadi . Saya setuju . Jika Tuhan berkata aku sangat dikasihi, maka aku percaya aku sangat dikasihi. Jika Allah mengatakan yang mustahil yang akan terjadi, saya percaya itu akan terjadi. " [Lukas1:38]

Demikianlah seharusnya sikap kita ketika Allah menempatkan janji dalam hati kita. Kita mungkin tidak melihat bagaimana hal itu bisa bekerja/terjadi, tapi kita tidak boleh menjadikan hal-hal logika sebagai alasan untuk tidak mempercayai janji Allah. Kita tidak membuat alasan atau mengabaikan hal itu hanya karena kita tidak memiliki itu semua direncanakan.

Dalam karier atau pekerjaan kita, kadang-kadang kita berpikir, "Jika saja saya bisa membuat bos saya menyukai saya, maka dia akan memberi saya promosi itu. Jika saya bisa masuk ke sekolah tertentu, maka saya akan memenuhi syarat. Jika saya memiliki teman-teman yang berpengaruh, mungkin saya bisa mendapatkan kesempatan yang baik." Tidak, janji Tuhan tidak tergantung pada siapa yang anda kenal atau seseorang yang anda tidak tahu. Alkitab berkata, "Promosi tidak datang dari orang-orang. Ini datang dari Allah." Ketika saatnya anda untuk dipromosikan, disembuhkan atau dipulihkan, Tuhan tidak pergi memeriksa dengan teman-teman anda, tetangga anda atau rekan kerja anda. Sama seperti dengan Maria, Dia mengatakan, "Saya bisa mewujudkannya tanpa seorang laki-laki." (Maria bisa mengandung walaupun belum bersuami)

Mungkin anda sedang menghadapi suatu penyakit. Tuhan memberikan janji bahwa dengan umur panjang Dia akan memuaskan anda. anda bisa saja mengatakan, "Yah, aku tidak tahu, laporan hasil periksa medis ini tidak terlihat baik. Aku sudah menjalani penyakit ini selama lima tahun. Nenek saya meninggal karena hal yang sama ." anda bisa berbicara kepada diri sendiri seperti itu ATAU anda bisa mengatakan seperti Maria, "Tuhan, jika Engkau mengatakan aku akan baik-baik, saya yakin saya akan baik-baik."

Mungkin anda berjuang dalam keuangan anda . anda telah berusaha dalam berbagai cara. Tapi itupun tidak terlihat seperti anda akan keluar dari utang . Tapi karena anda seorang pemberi , Tuhan memberikan janji, Dia akan membuka jendela surga dan mencurahkan berkat-berkat bagi anda.

Jangan mengabaikan hal itu dan mulai membuat alasan , " Tuhan, apakah Engkau tahu di mana saya bekerja? Tuhan, Engkau tahu berapa biaya hidup? Tuhan, apakakah Engkau telah melihat pasar saham?" Daripada memikirkan keadaan kita saat ini, kenapa tidak kita pikirkan tentang Allah kita? Dia adalah Pencipta seluruh alam semesta. Allah lebih besar dari segala permasalahan yang kita hadapi. Dia mampu mengeluarkan kita dari setiap permasalahan kita. Mimpi yang telah Dia tempatkan dalam hatimu mungkin tampak mustahil, mungkin terlihat terlalu besar, tapi jangan terlalu menganalisa dan mencoba untuk mencari alasan logis atas semuanya. Mengikuti teladan Maria. Berani mengatakan, "Tuhan, saya tidak melihat jalan lagi, tapi saya tahu Engkau memiliki cara. Biarlah hal itu terjadi padaku menurut Firman-Mu."

Menerima Firman-Nya dengan iman dan kepercayaan bahwa Dia bekerja di belakang layar. Tidak peduli siapa kita atau dari manapun anda, percayalah bahwa anda adalah anak Allah Yang Maha Esa, dan seluruh JanjiNya kepada anda akan selalu ditepati!

"Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau" [Lukas 1:35a]


Selamat hari Natal 2013 dan tahun baru 2014. Semoga rahmat dan damai Natal dilimpahkan di tengah keluarga, karya dan dalam pelayanan kita!




share this with your Friends.

0 comments:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Renungan Harian Kristen | TNB